Stasiun Lasem (kode:LS) merupakan stasiun kereta api non-aktif yang terletak di Dorokandang, Lasem, Rembang. Stasiun Lasem dibangun pada masa pendudukan Hindia Belanda oleh Semarang-Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) yang merupakan salah satu perusahaan kereta api dan trem yang mendapat konsesi untuk memasang jalan rel dan mengeksploitasinya sebagai alat angkutan.

Stasiun Lasem dibangun berdasarkan surat Penunjukan Gubernur (Gouvernement Besluit) tepatnya tanggal 18 Maret 1881 no 5 SJS. Stasiun Lasem dibangun pada tahun 1883-1900 dengan luas bangunan Stasiun dan Overkappingnya 70 m2 diatas tanah seluas 29930 m2 terletak di kelurahan Dorokandang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

Kecamatan Lasem berada di pantai Utara Jawa Tengah terletak +13 km dari ibukota Kabupaten. Stasiun ini menghubungkan Semarang-Lasem.

Pada tahun 1989, Stasiun Lasem terpaksa ditutup karena dianggap tidak efisien dikarenakan sudah banyaknya kendaraan angkutan umum yang lewat jalan raya, saat ini area stasiun ini difungsikan sebagai pangkalan truck yang tidak resmi.

Kondisinya kini semakib rusak, nyaris hancur, ditambah lagi di pinggir stasiun jadi hunian penduduk,banyak rumah didirikan di sekitarnya.

(bbs/rakyan)

Stasiun Lasem 1990

Silahkan Tinggalkan Balasan (Komentar tidak akan muncul sebelum ada moderasi dari admin)