Pada tahun Masehi 471, Gunung Maura (Murya) meletus, pegunungan di selatan-timur pecah menjadi Gunung Pati Ayam, Kabupaten Pati demikian ditulis di buku Sejarahe Kawitane Wong Jawa dan Wong Kanung  yang berupa sisipan di kitab Badrasanti.
Diceritakan bahwa bibir kawah gunung Murya yang jebol bergerak ke selatan menutup selat Maura, lalu menjadi pedalaman, Pati, Juana, tersisa rawa-rawa besar yang luas di Undhakan dan Sungai Silugangga.
Lava gunung yang meletus terbang ke timur membuat laut bergolak hingga mengakibatkan tsunami menghantam lereng Pegunungan Ngargapuro lalu ke selatan sampai wilayah Kayen, Pati.
Hantaman ombak menyeret lereng gunung-sehingga longsor menutup Teluk Kendheng, sehingga menjadi daratan, sekarang dikenal dengan wilayah Kayen, Jakenan, Kaliori, Rembang, Sulang, Lasem, dan Pamotan.
Longsoran lereng Gunung Ngargapura sebelah selatan mendorong lipatan bumi di Lasem. Tanahnya membuat tegal dan persawahan Pucangsula terpendam. Sekarang menjadi desa Ngendhen, Lagadhing, Sendangsari, Topar, Klindon, dan Warugunung, wilayah sekitar kota Lasem.
Masa itu di Lasem terdapat kerajaan  Pucangsulo. Sekarang lokasinya diperkirakan antara desa Sulo dan dukuh Gepuro , juga sampai desa Selopuro.
Kotaraja Pucangsulo ikut terkubur ke dalam laut dan tanah gara-gara longsoran gunung Ngargapura. Sampai sekarang belum ketemu, yang tersisa hanya reruntuhan candi Pucangan .
Dikisahkan, pada tahun Masehi 390, Dhatu Hang Sam Bandra membuat pelabuhan dan galangan-kapal (dhak-palwa) di Sunglon Bugel atau Gunung Bugel (Bekasnya sekarang menjadi ladang dan kali disebut Palwadhak, selatan Desa Tulis, Kecamatan Lasem).   Pelabuhan Pucangsulo di sebelah di timur galangan kapal dibuatkan gapura menghadap ke barat arah laut-teluk Kendheng, sekarang menjadi Desa Gepura.
Dari gapura, di sana dibuatkan jalanan sepanjang lereng Pegunungan Argasoka  atau Gunung Lasem hingga pusat kota Pucangsulo.
Kemungkinan kota Pucangsulo terletak di antara Desa Gepuro dan Desa Sulo. Nama Desa Sulo mengingatkan pada nama kota Pucangsulo. (dohan)

Silahkan Tinggalkan Balasan (Komentar tidak akan muncul sebelum ada moderasi dari admin)