Situs Taman Kamala Puri  desa Sumbergirang, Kec.Lasem  adalah petilasan sebuah taman  kaputren . Kaputren letaknya biasanya  di komplek utama kerajaan. Diduga kaputren kraton Bhre Lasem Dewi Indu.

“Sebelah barat ada Balekambang ,sekarang masyarakat Sumbergirang menyebutnya Blumbang. Sebelah  barat terdapat  situs Kranggan atau  rumah dinas pejabat tinggi (menteri) yang  di sebut Rakriyan Ronggo,”ujar pemerhati sejarah, Koh Lam, di Sumbergirang, Lasem, beberapa waktu yang lalu.

Balekambang yang kini dikenal masyarakat dengan nama Blumbang di ds.Sumbergirang

Lalu  ke selatan ada situs Demung yang terletak di Demungan , sebuah nama jabatan menteri yang bertugas mengurus rumah tangga istana. Rakyan demung biasanya tidak  jauh dari istana.

Dukuh Demungan

 

Lantas ke barat ada situs Ketandan, letaknya di desa Jolotundo sebuah nama lokasi  yang memakai nama jabatan di bawah jabatan menter, (tondo dalam Bhs jawa kuno yg berarti nama jabatan tertentu),  istilah sekarang sekelas kepala jabatan atau kepala dinas.

Kemudian  utara tepatnya di desa Ngemplak ada situs Kepatihan, sebuah nama yang memakai nama jabatan menteri yaitu Rakriyan Patih yang bertugas memimpin dan mengawasi jalannya pemerintahan.

“Sebelah barat Lasem ada situs Tegal Katumenggungan.  Tumenggung adalah nama salah satu dari panca menteri yang bergelar Rakriyan yang bertugas membantu pemerintahan raja di bidang pertahanan dan keamanan,”jelasnya.

Di sebelah  selatannya terdapat Rakryan Kanuruhan yang berlokasi di dukuh Narukan, Dorokandang.

sumur ombe dukuh Narukan, ds.Dorokandang

“ Saya pikir letak tata kota kerajaan lasem sudah jelas di gambarkan di Carita Sejarah Lasem di tambah lagi waktu penggalian fondasi gedung PKK desa Sumbergirang dulu di temukan susunan pondasi kuno sekitar 1,5 m di bawah permukaan tanah ,”ungkapnya.

Pohon Asem di dalam komplek Keraton
Batu bata besar di Sumber Girang

Ditambahkannya,  “Banyak lagi bukti , saat penggalian kubur masyarakat. Di desa Sumbergirang sering menabrak pondasi dari batu- bata besar.  Dari semua keterangan itu kita sudah bisa mengetahui kira kira dimana letak istana kerajaan lasem,”ungkapnya.

Panti Asuhan di pinggir jalan ray Lasem yang diduga lokasi Kraton Bhre Lasem Dewi Indu

(rakyan javakrisna)

 

Silahkan Tinggalkan Balasan (Komentar tidak akan muncul sebelum ada moderasi dari admin)