Arkeolog dari Balai Arkeologi (Balar)  Yogyakarta datang ke Lasem terkait penemuan patung kepala buddha di desa Sriombo beberapa hari yang lalu.

”  Tim Balar  3 orang, dari TACB 1 orang dan dari LKCB 4 orang,  pak Camat juga hadir bersama Kepala desa dan perangkatnya,”ujar Koh Lam dari LKCB yang ikut mendampingi Balar, dalam keterangan tertulis,  Rabu(28/11/2018).

Dijelaskannya, kedatangan Balar di desa Sriombo hanya mendokumentasikan hasil temuan situs sebagai tindak lanjut laporan penemuan.
Sebelumnya permohonan agar penemuan arca kepala budha segera diteliti dilaporkan secara  tertulis oleh perwakilan tim LKCB  , Nur Salim . Ia datang langsung ke kantor Balar Jogja, Selasa (27/11/2018).
Keesokan harinya ,tim balar datang ke Lasem.   Tim Balar terdiri dari arkeolog senior Nurhadi dan Baskoro.  Mereka mendokumentasikan benda temuan dan lokasi penemuan.
Oleh LKCB, tim Balar  di bawa ke beberapa titik lokasi reruntuhan candi yang jaraknya kira-kira 300m ke Selatan.  Setelah sampai di lokasi reruntuhan, tim balar mencatat dan mendokumentasikan benda yang ada di sekitar situs reruntuhan candi.  Di lokasi ditemukan banyak tumpukan batu bata besar dan bata yg bentuknya seperti talang untuk aliran air .
Setelah keliling ke titik lokasi situs, rombongan kembali ke kantor kepala desa untuk istirahat makan siang. Sehabis makan, saat akan pulang , tim Balar memberi pengarahan kepada Kepala Desa untuk segera menentukan lokasi baru yang akan didirikan gapura .
Diminta juga aparat desa segera melaporkan ke dinas Pariwisata atau TACB , nantinya diteruskan ke BPCB, karena untuk melakukan penggalian gapura  adalah tim BPCB,  jika sudah tidak ditemukan batu bata atau diperkirakan sudah tidak menabrak situs baru , penggalian proyek gapura bisadilanjutkan pihak desa.
 “Setelah semua selesai,  itu baru tim Balar melakukan eksvakasi . Jadi kedatangan tim Balar hari ini baru langkah pendokumentasian belum mengambil kesimpulan ,”paparnya. (dohan)

Silahkan Tinggalkan Balasan (Komentar tidak akan muncul sebelum ada moderasi dari admin)